Rabu, 17 Februari 2016

[SOCIAL COGNITION] - SKEMA

Skema atau Schema atau Schemata
     yaitu suatu persepsi pada suatu hal yang dianggap sudah selayaknya dan persepsi tersebut susah untuk dirubah. Terjadi pengorganisasian informasi sosial di ingatan kita dengan selektif. 
    contoh: Setiap orang memiliki skema bahwa seorang perempuan itu di rumah dan penuh dengan kasih sayang. Jadi, kalau ada perempuan yang memanjat tebing dibilang luar biasa dan susah diterima secara umum, dianggap bukan perempuan yang sebagaimana mestinya. 


MACAM SKEMA
1. Self Schema
Skema tentang diri sendiri, atau penilaian tentang diri sendiri. Berfungsi:
a. Pengorganisasian ingatan yang abstrak dan konkrit tentang diri, dan
b. Mengendalikan pemrosesan informasi yang relevan tentang diri.
-
2. Person Schema
Skema tentang orang lain. yaitu:
a. Tipikal orang untuk kategorisasi
b. Prototype (sejumlah ciri-ciri tentang seseorang yang dihubungkan dengan keanggotaannya dalam suatu kelompok/kategori)
-

3. Roles Schema
skema yang berisi konsep tentang norma-norma dan perilaku yang cocok atau pantas bagi orang-orang tertentu dari berbagai kategorisasi sosial/posisi/status, misal ras, gender, usia, pekerjaan, dll. -
4. Event Schema / Script

berisi pengetahuan tentang tipe urutan kejadian atau situasi sosial.
contohnya, kalau ada balon, lilin, dan kado pasti akan dianggap sebagai acara ulang tahun.


SKEMA DIPENGARUHI OLEH:
1. Priming Effect
  a. Kejadian yang pernah dialami mempengaruhi kejadian kemudian
  b. Skema yang baru digunakan akan lebih mudah diakses daripada yang tidak digunakan
contoh:
Tikus berkaki 2 apa? Mickey Mouse.
Anjing berkaki 2 apa? Goofey.
Bebek berkaki 2 apa? Donald Duck.
Padahal kalau diperhatikan, bebek memang berkaki dua, namun skema mengikuti menjadi Priming Effect.
-
2. Attitudes
Suatu isu yang dianggap penting akan lebih mudah diakses dan sering digunakan.
-
3. Beliefs
Keyakinan.



KEUNTUNGAN SKEMA
1. Membantu ingatan
2. Meningkatkan kecepatan dalam pemrosesan
3. Mengisi informasi yang tercecer, dan
4. Memberi harapan normatif




TAHAPAN PROSES KOGNITIF TERHADAP INFORMASI SOSIAL
1. Attention (proses memperhatikan)
  a. Atensi terkait dengan informasi yang kita perhatikan
  b. Skema selaku penyaring
  c. Informasi yang sesuai dengan skema akan cenderung diperhatikan
  d. Informasi yang tidak sesuai dengan skema akan diabaikan, kecuali peristiwa ekstrem.
 -
2. Encoding (proses masuk ke otak)
  a. Informasi yang kita perhatikan akan disimpan dalam jangka panjang
  b. Informasi yang relevan dengan skema cenderung ditandai
  c. Informasi yang tidak relevan dicap "unik"
 -
3. Retrieval (proses dikeluarkannya informasi yang telah disimpan dari otak)
  a. Proses dimana kita mengeluarkan informasi dari ingatan dan menggunakannya untuk keperluan tertentu.
contoh: memberi penilaian terhadap orang lain
  b. Informasi yang konsisten dengan skema cenderung lebih banyak digunakan daripada yang tidak konsisten.


SKEMA TIDAK DAPAT BERUBAH KARENA...?
1. Kontradiksi dianggap pengecualian.
2. Memicu pengalaman masa lalu yang relevan.


PROSES PERUBAHAN SKEMA (RothBart, 1981)
1. Book Keeping
     melalui proses yang perlahan, perubahannya secara bertahap.
-
2. Conversion
     Perubahan skema massal.
contoh: dulu orde baru dianggap baik, sekarang tidak.
-
3. Subtyping
     Kalau suatu informasi tidak sesuai skema kita, maka kita akan membuat sub-skema.
contoh: Cewek normalnya anteng, tapi kalau ada cewek yang agresif berarti itu cewek tomboy



Maaf ya kalau ada beberapa istilah yang penjelasannya kurang, aku baru nyalin catetanku aja, belum research di beberapa sumber. Ntar kalau tulunjuk udah nggak pegel, insyaAllah bakalan aku berikan keterangan lebih lanjut. Atau mungkin ada yang mau berbaik hati memberikan komentarnya tentang sejumlah informasi yang sekiranya pantas untuk melengkapi kekosongan penjelasan di atas.

Terima kasih atas perhatian dan waktunya,
#yolo

dosen: Thobagus Moh. Nu'man, S, Psi.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar