Rabu, 17 Februari 2016

Penentu Perilaku Sosial Manusia (Baron & Bryne)


1. Action and Characteristic of Others
Di sini lebih ditonjolkan pada reaksi yang akan individu lakukan jika terjadi kondisi yang menjadi stimulus akan reaksi tersebut.
Inilah contoh-contoh masalahnya:
a. Anda sedang mengantri karcis bioskop, tiba-tiba seseorang memotong antrian dan berdiri di depan Anda (biasanya akan kesal atau menimbulkan reaksi negatif)
b.  Anda sedang bermain komputer, tiba-tiba ada beberapa orang yang berpakaian menarik menonton Anda dengan penuh ketertarikan (biasanya akan canggung dan risih)
c. Apa yang Anda rasakan jika berdekatan dengan orang cacat? (umumnya merasa tidak nyaman)
d. Bagaimana perasaan Anda ketika bersebelahan dengan lawan jenis yang menarik bagi Anda? (umumnya akan salah tingkah dan berusaha untuk menarik perhatian lawan jenis tersebut)


2. Cognitive Processes
Suatu perilaku individu akan dipengaruhi oleh proses kognitif yang biasa disebut dengan cara berpikir. Contoh kasusnya sbb:
a. Bayangkan Anda telah membuat janji dengan teman dan ia terlambat. Setelah 30menit Anda menyangka teman Anda tidak datang. Namun, pada akhirnya tiba-tiba ia muncul dan berkata "Maaf...saya lupa bahwa kita harus bertemu dan baru ingat beberapa waktu yang lalu..."
Bagaimanakah reaksi Anda?
b. Bayangkan jika teman Anda di atas berkata, "Maaf, saya terlambat. Ada kecelakaan besar yang menyebabkan macet panjang."
c. Dan bagaimana reaksi Anda ketika teman Anda memang sering terlambat dan sering menggunakan alasan tersebut?
-
Pastinya dari berbagai peristiwa di atas akan menimbulkan berbagai macam reaksi yang berbeda, dimana reaksi-reaksi tersebut tergantung dengan cara berpikir kalian dalam memproses alasan yang diberikan teman Anda. Mungkin ketika alasan tersebut masih masuk akal dan dapat diterima (bukan suatu yang bisa datang tiap hari, atau halangan) kita akan cenderung memaklumi. Lain halnya dengan teman kita yang memang sudah sering terlambat dan sering juga menggunakan alasan tersebut, Anda akan cenderung malas dan bahkan memberi tanda negatif pada teman Anda tersebut (bahkan muak, mungkin)

3. Ecological Variable
Perilaku bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan, karena faktor lingkungan merupakan variabel penting pada mood tiap individu. Contohnya:
a. Apakah kita menjadi lebih romantis ketika sedang duduk di pinggir pantai menghadap bulan purnama di malam hari?
b. Apakah kita menjadi lebih mudah marah dan agresif ketika cuaca sedang panas dan lembab dibandingkan dengan cuaca yang sejuk dan nyaman?
c. Apakah sesuatu yang harum membuat seseorang suka menolong orang lain?
-
Umumnya, semua pertanyaan di atas jawabannya yaitu YA. Itu membuktikan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Sebuah penelitian dilakukan untuk menjawab pertanyaan C dengan mengamati perilaku pengunjung di tempat makan yang memiliki aroma yang wangi (kayak Asian Waffle gitu) dengan pengunjung di tempat makan yang tidak terdapat aroma apapun alias netral. Ternyata banyak pengunjung yang memberikan tip kepada pelayan di tempat makan yang memiliki aroma menyenangkan.

4. Cultural Context
Perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh budaya sekitar. Seperti:
a. Batasan cantik untuk wanita, yaitu yang tinggi, langsing, putih, berambut panjang, berkaki jenjang dan lain sebagainya. Sehingga mendorong wanita-wanita lain yang belum memiliki kriteria tersebut untuk memperbaiki dirinya. Bahkan untuk memperlangsing diri, mereka memilih untuk mengidap anorexia. Anorexia telah menjadi salahsatu budaya di luar sana.
b. Pantaskan memberi parsel kepada pejabat pemerintah pada saat lebaran? Inilah yang terjadi di budaya kita, kita anak buah malah memberikan parsel kepada bosnya. Jika dipikir sejenak, bukankah seharusnya bosnya yang memberikan anak buah masing-masing parsel? Bukankah yang berkuasa seharusnya mengayomi orang-orang di bawahnya?

5. Biological Factors
Perilaku seseorang tentu saja dipengaruhi oleh faktor biologis, contohnya:
Banyak orang yang suka menolong, lelaki humoris lebih disukai, dan kita pastinya mencari orang yang menarik. Itu semua terjadi karena faktor biologis yang ada.



Itu dia beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku sosial yang terjadi pada manusia. Emang tulisan ini nggak bisa untuk dijadikan jawaban untuk tugas kalian, bukan tulisan yang cocok untuk di copy paste. Tapi di sini aku memang lebih mengutamakan kepahaman kalian daripada aku harus nulis dengan bahasa buku paket dan ternyata kalian nggak paham? Kan percuma.

Kritik&Sarannya ditunggu.
#yolo


dosen: Thobagus Moh. Nu'man, S.Psi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar